Mie Tiaw Langganan Pak Gubernur

TEMPO Interaktif, Pontianak – Bila Anda berkunjung ke Pontianak jangan lupa mencicipi mie tiaw. Mie tiaw adalah mie lebar persis kwetiaw. Mie tiaw sangat populer di Pontianak, pedagang mie tiaw pun bertebaran. Tapi ada satu restoran mie tiaw yang paling terkenal di sana, namanya mie tiaw Antasari 72.

Sejumlah artis dan pejabat menjadi pelanggan restoran ini, sebut saja, Bunga Citra Lestari, Marcella Zalianty, Titi DJ, Ary Lasso dan Rio Febrian. Foto dan tandatangan mereka dipajang di dinding restoran ini.

Mie tiaw yang paling terkenal enaknya adalah mie tiaw goreng dan rebus. Isinya bisa jeroan, seperti usus dan babat sapi atau daging saja. Selain mie tiaw ada juga nasi goreng, daging sop kikil sapi. Satu porsi mie tiaw dijual dengan harga Rp 15 ribu. Sedangkan untuk minumannya ada es jeruk sambal kecil, es lidah buaya, air tahu, sari kacang dan es jeruk pontianak.

Sang pemilik restoran Imawati, 44, mengaku sebagai pemilik generasi kedua mie tiaw Antasari 72 ini. “Dulu saya hanya ikut-ikutan saja sama bapak mertua, sambil belajar sedikit-sedikit,” ujarnya.

Menurut Imawati restoran ini buka pada 1972. Ketika mertuanya meninggal pada 1997 dia bersama suami yang mengelolanya. “Jadi saya sekarang generasi kedua yang mengelolanya.” katanya.

Nama Mei Tiaw Antasari 72 dikenal masyarakat karena letaknya berada di jalan Antarasi pontianak. “Mungkin mertua saya dulu memberi nama ini agar para konsumen tidak perlu susah-susah untuk mencarinya.” Sampai saat ini Antasari 72 belum punya cabang di manapun.

Imawati bercerita, mie-nya dia membeli di pasar, sama seperti pedagang yang lain. Nah, rahasianya ada di bawang putih dan cara mengolahnya. Namun Imawati menolak memberi keterangan detil cara pengolahannya tersebut. Tiap harinya restoran ini buka dari jam 9 hingga 21.00, dalam satu hari dia bisa mendapat penghasilan sekitar Rp 1 juta.

Imawati mengatakan, restorannya ini selain dikunjungi warga sekitar dan artis juga sering didatangi para pejabat. “Gubernur Kalbar Pak Chornelis pun sering datang bersama keluarganya menyantap mie tiaw kami,” katanya.

Penulis: HARRY DAYA
Sumber: Tempointeraktif.com
Jum’at, 21 Januari 2011 | 15:01 WIB